Sabtu, 23 Februari 2013

Sunday Motivation Blog


Dari SMA ke Kuliah

Selamat hari Minggu para pemuda,
Kali ini kita akan membahas mengenai menentukan jalan hidup. Mungkin bagi temen-temen kelas 3 SMA yang sebentar lagi akan menghadapi Ujian Nasional, belum tahu atau masih pada galau jika sudah lulus SMA mau kuliah dimana? Di jurusan apa? Nah tenang aja, kalau masalah kuliah cukup cari jurusan yang passionnya sesuai dengan kalian. Jangan dengarkan kata orang, juga yang bakal menjalani masa-masa kuliah itu kalian bukan orang lain, apalagi bukan orang tua kalian. Kebanyakan dari kasus yang saya lihat, orang tua selalu memaksakan kehendak mereka kepada anaknya dalam hal pemilihan jurusan saat kuliah. Padahal hal tersebu dapat menghambat kreativitas sang anak bahkan membuat anak menjadi depresi dan stress dengan jurusan yang diambilnya. Nah, jika temen-temen menghadapi masalah seperti itu, berikut ada tips untuk meyakinkan orang tua kalian:
1) Yakinkan orang tua kalian mengenai jurusan yang akan kalian ambil, seperti browsing peluang kerjanya dan juga buktikan bahwa ilmu yang kalian dapat di jurusan itu bisa bermanfaat nantinya. Browsing juga masalah biaya, biasanya jika biayanya murah dan tidak memberatkan orang tua, temen-temen bisa menjadikan hal tersebut sebagai bahan pertimbangan bagi orang tua temen-temen. Coba bilang bahwa, “Pak, Bu, saya mau kuliah di jurusan ini. Mungkin nantinya saya nggak bakal bisa sekaya temen-temen saya yang kuliah di jurusan lain seperti yang Bapak dan Ibu harapkan. Tapi biayanya jauh lebih murah jika saya kuliah di jurusan ini. Nanti uang yang sudah Bapak dan Ibu siapkan bisa ditabung dulu dan nantinya ketika saya lulus uang itu ingin saya manfaatkan untuk membuka usaha sendiri, dengan demikian maka ilmu yang saya pelajari menjadi jauh lebih berguna karena bisa membuka lapangan kerja bagi orang lain.”
2) Bagi yang masih ragu-ragu dalam hidup akan menjadi apa nantinya, cobalah untuk yakin pada diri kalian sendiri. Cobalah untuk yakin pada mimpi kalian sendiri. Kalian tidak akan tahu sebelum kalian mencoba. Jika hasilnya buruk itu pasti, karena kalian masih belajar. Tapi, apa hasilnya bisa bagus? Mungkin bagus, taka da yang tahu kan…hidup kalian ada di tangan kalian. Jangan ikuti jalan hidup yang membuat kalian tidak nyaman. Apalagi dunia perkulihan itu tidaklah semudah saat kalian SMA. Semuanya jauh berbeda. Jadi, jika kalian menjalani masa kuliah kalian dengan bahagia, sukses pasti dating ke genggaman kalian. Namun, bila kalian menjalani masa kuliah kalian dengan penuh rasa terpaksa karena arahan dari orang lain, nantinya kalian hanya akan menjadi orang yang terus berlomba-lomba membangun kekayaan, bukan membangun peradaban. Dan dari situlah para koruptor terlahir dari suatu paksaan ketika katakana saja dalam memilih jurusan kuliah.
Sekali lagi saya menekankan bahwa, “Ini hidupmu, Ini kisahmu, Kamulah Tuhan dalam ceritamu, Pilihlah dengan Bijak, dan Kamu pasti melihat keajaiban dating di hadapanmu.” Salam Sadar para Pemuda :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar