Senin, 28 Februari 2011

"Brain Gym" Neurobics, Senam Untuk Otak

Apakah neurobics itu? Sebenarnya, ini adalah istilah yang mungkin belum banyak dikenal, tapi mirip dengan aerobik. Aerobik adalah latihan  seluruh bagian tubuh di dalam sebuah gerakan, dan akan membuat Anda tetap sehat dan bugar. Dengan cara yang sama, neurobics adalah latihan yang diperlukan otak  untuk tetap fit. Dan jika Anda melakukan ini dari hari ke hari, Anda akan menciptakan beberapa kenyamanan.
Neurobics menarik karena Anda dapat menggunakan semua indra Anda untuk melatih otak Anda. Hal ini juga memungkinkan anda untuk menjelajahi emosi Anda dan untuk melihat bagaimana segala sesuatu bekerja bersama-sama. Ketika Anda melakukan beberapa jenis kegiatan, otak Anda menjadi semakin kuat. Dan pada kenyataannya, nantinya akan benar-benar tumbuh sel-sel otak baru, yang penting bagi kesehatan mental secara keseluruhan.
Beberapa contoh kegiatan neurobics termasuk berpakaian, makan, atau melakukan kegiatan biasa lainnya dengan mata tertutup. Ketika Anda melakukan ini, Anda mengandalkan indera lain selain yang biasanya Anda gunakan untuk mengerjakan hal-hal itu. Atau, misalnya Anda terlibat dalam sebuah percakapan di mana Anda tidak bisa benar-benar bicara. Sebaliknya, Anda harus menggunakan bahasa tubuh untuk mengekspresikan diri.
Hal lain yang dapat Anda lakukan dengan neurobics adalah untuk mengeksplorasi dua hal sekaligus. Ini tidak seperti tindakan yang biasa kita lakukan, tetapi sebaliknya ini adalah sesuatu yang Anda lakukan untuk meningkatkan kreativitas. Sebagai contoh, Anda menggambar  dan mendengarkan musik di radio pada waktu yang sama. Dan hal tersebut belum pernah dilakukan sebelumnya.
Anda memiliki banyak hal yang rutin dilakukan dan mungkin tidak menyadarinya. Bahkan, kebiasaan ini hanyalah bagian dari pola otak kita, dan kita melakukannya tanpa berpikir tentang kegiatan tersebut. Dengan jenis neurobics, Anda akan mengubah rutinitas normal Anda sehingga Anda melatih otak Anda. Sebagai contoh, jika Anda biasanya mengerjakan pekerjaan mulai dari menyapu, membersihkan dapur, mengepel, siram tanaman, membaca buku. Lain kali Anda memulai hari Anda, dengan urutan dan cara yang berbeda dari kebiasaan sebelumnya. Dengan kata lain,  melakukan hal-hal dengan sedikit berbeda.
Contoh lain adalah jika Anda menggunakan tangan kiri selama beberapa waktu untuk melakukan kegiatan yang biasa Anda kerjakan dengan tangan kanan. Ini akan sulit, dan akan memerlukan banyak konsentrasi.  Ini akan mengubah cara otak anda untuk berpikir dan suatu saat anda membutuhkan ide segar bisa memunculkan dengan teknik ini.
Neurobics akan membantu Anda melihat bahwa sebenarnya otak Anda mengontrol banyak yang Anda lakukan. Memperluas cara-cara kita berarti memperluas pandangan kita dengan cara-cara berbeda. Tidak statis tetapi dinamis. Memberikan tantangan terhadap otak kita untuk mengerjakan tindakan berbeda dan belum pernah dikerjakan sebelumnya berarti meningkatkan kerja otak untuk lebih efektif dan kreatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar