Senin, 28 Februari 2011

Bagaimana Ingatan Bekerja?

Tahukah Anda bahwa otak orang dewasa berisi 15 miliar sampai 100 miliar neuron. Jika kita menerima lebih rendah, ini berarti Anda ingat 2 hingga 10 miliar informasi. Hanya untuk menuliskan angka ini yang mencerminkan ketahanan pikiran kita, mungkin anda harus menulis nol dalam satu detik selama 90 tahun, kata ahli saraf Richard M. Restak. Penulis Ilmu pengetahuan populer Carl Sagan menggunakan gambaran yang lebih tinggi, yang menyamakan informasi itu sama dengan 10 miliar halaman encyclopedia. Otak, katanya, adalah tempat yang sangat besar dalam ruang yang sangat kecil.
Pusat pikiran manusia di dalamnya mengandung kemampuan untuk dibombardir dengan jutaan ragam informasi sehari-hari dan mengkonversikannya ke pemikiran cerdas. Ini dilakukan dengan evaluasi, penyortiran, memutuskan dan memutuskan ulang pada urutan dan saling hubungan, menolak yang tidak relevan, mengisi yang kosong dengan informasi dari data, dan arsip gambar yang baru untuk digunakan.

Kata kunci di sini adalah evaluasi. Dengan menempatkan sedikit informasi yang kita biarkan maju ke garis terdepan (ujung tombak pemikiran kita) atau menyusutkan bagian lainnya untuk membentuk kekuatan dalam satu bidang saja. Kita dapat melakukan ini untuk sementara atau selamanya, dan kita dapat mengubah gambaran nanti seperti apa jika kita menginginkannya. Tidak ada tape recorder, kamera, atau bahkan komputer yang dapat melakukan semua ini. Komputer, dalam kenyataannya, hanya sangat cepat, efisien, dan bukan untuk imajinasi maupun pengindraan. Komputer memerlukan beberapa menit untuk keluar dari kombinasi yang tepat, mengingat setiap kemungkinan sampai semua benar sesuai apa yang telah dibuat. Yang efisien remaja dapat dilakukan dalam dua menit dan Juara Dunia 1982 itu dalam 22,95 detik!

 Membuang informasi sangat penting untuk mengingat. Menurut Science Digest (November 1983), ilmuwan memperkirakan bahwa kami mengingat hanya 1 dari setiap 100 yang kita terima. Jika kita ingat semuanya, mereka berkata, kami akan “lumpuh oleh kelebihan informasi.”
Memori yang baik harus selektif.
Bayangkan Anda sendiri berjalan-jalan melalui taman. Anda mendengar celoteh dari suara anak-anak, kicau burung, dan suara lalu lintas di jalan terdekat. Ibu di bangku sendiri mendengar suara anak. Pemerhati burung mendengar panggilan burung berkicau. Pengendara mobil menambah kecepatan tanpa mengindahkan kicau burung. Setiap individu secara otomatis mengenali suara yang memiliki nilai tersendiri.
Pembagian ingatan adalah bagian dari proses intelijensi, tetapi juga dapat mengakibatkan masalah. Apa yang terjadi ketika kita memblokir proses alam? dalam rangka pembagian tersebut. Pemblokiran proses alam tidak dimungkinkan.

Terdapat 3 jenis memori blok: Emosional, mekanis, fisik. Masing-masing blok inilah yang akan membentuk sebuah karakter sebuah pemikiran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar